Cara Menanam Cabe Merah

Menanam Cabe Merah Merupakan salah satu usaha budidaya sayuran yang mempunyai  peluang bisnis yang besar. akibat besarnya kebutuhan di dalam maupun luar negri membuat komoditas cabe merah sangatlah menjanjikan. akibatnya petani sendiri harus memeahami secara keseluran cara menanam cabe marah secara intensif sehingga diharapkan mampu meningkatkan hasil panen cabe merah yang melimpah. tak heran jika banyak petani cabe merah mampu meraup keuntungan yang tinggi karena cabe merah tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, akan tetapi cabe merah juga bisa di olah menjadi obat - obatan.

Cara Menanam Cabe Merah

Sejatinya Cara Menanam Cabe Merah Dibilang agak sedikit susah susah gampangnya apabila dibandingkan dengan cara menanam cabe rawit. dengan menerapkan cara menanam cabe yang baik dan benar maka diharapkan kita bisa memperoleh hasil yang maksimal. pada kesempatan ini saya akan membagikan tata cara budidaya menanam cabe merah khususnya jenis Capsicum annum .L yang yang baik di tanam di iklim tropis seperti di daerah Indonesia dimana penyinaran matahari yang penuh serta tanaman ini sangat cocok untuk bisa tumbuh di dataran rendah hingga batas ketinggian 1400 mdpl (meter diatas permukaan laut) apabila di dataran tinggi cabe merah ini pun masih bisa tumbuh akan tetapi hasilnya kurang maksimal. Cabe merah dapat tumbuh dalam kondisi tanah yang memiliki ph 6-7

Cara Menanam Cabe Merah Secara Intensif

Dalam upaya memenuhi kebuthan pasar terhadap produksi cabe merah yang semakin kompetitif, maka petani harus berupaya memproduksi dan menanam cabe merah dalam meningkatkan produktifitas hasil cabe merah. Berbagai macam usaha cara menanam cabe merah yang dilakukan oleh petani mulai dari penerapan teknologi yang tepat, penentuan lokasi penanaman, persiapan lahan, pemilihan benih, persemaian benih, penanaman, pemeliharaan dan pemupukan cabe merah, sampai pemanenan.

Bagi petani yang membudidayakan cabe merah tentunya memiliki tantangan tersendiri, disamping harga nya yang tinggi kadangkalanya harga cabe merah juga bisa anjlok dalam skala yang tidak normal. Dalam cara  menanam cabe merah juga diperlukan beberapa kajian dan analisa terhadap permintaan pasar supaya petani bisa menghindari kerugian dalam menanam cabe merah.

1. Pemililhan Benih Cabe Merah

Pengadaan dan pemilihan cabe merah cabe merah bisa dilakukan dengan cara kita membuatnya sendiri ataupun bisa juga dengan membeli benih di tokoh-tokoh pertanian. Dengan membeli benih dengan membeli benih otomatis akan lebih praktis dan juga bisa kita bisa mendapatkan benih beberapa jenis varietas cabe merah yang unggul apabila membuat benih cabe merah dengan cara membuatnya sendiri terbilang cukup rumit Disamping itu juga mutu dari hasil tanaman cabe merah kurang baik.

Dengan cara pemilihan benih cabe yang tepat keberhasilan produksi tanaman cabe merah dapat dicerminkan oleh tingginya produksi ketahanan terhadap hama dan penyakit serta mampu beradaptasi dengan iklim di sekitar. Biji benih yang baik dengan varietas yang terpercaya kita dapat membeli dari tokoh-tokoh pertanian atau distributor karena dengan benih tersebut dapat dipertanggung jawabkan kemurniannya dan daya kecambah benih tersebut

2. Penyemaian Dan Pembibitan 

Pada dasarnya membuat persemaian dan pembibitan cabe dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara penyemaian menggunakan media polybag dan penyemaian menggunakan bedengan persemaian, kedua metode persemaian hampir sama dan paetani lebih banyak menggunakan metode persemaian menggunakan media bedengan sebagai wadah persemaian nya, kana tetapi jika anda ingin mendapat kan hasil yang optimal silahkan baca Cara Semai Dan Pembibitan Cabe Yang Baik dan Benar

Teknik penyemaian cabe merah bisa menggunakan polybag dan hampir sama dengan penyemaian menggunakan bedengan. akan tetapi penyemaian dengan polybag cepat menghasilkan bibit yang bagus. Sebelum dilakukan persemaian alangkah baiknya jika benih tanaman cabe sebaiknya Direndam dulu dengan larutan air hangat dengan suhu 50 derajat Celcius atau bisa juga dengan menggunakan larutan Previcure N sebanyak 1 cc selama 1 jam.  karena dengan merendam benih cabe bisa mempercepat daya perkecambahannya serta menghilangkan patogen atau penyakit yang terbawa dari benih cabe. 

Buatlah tempat persemaian yang diberikan naungan atap plastik yang transparan, dan atap tempat persemaian menghadap ke arah timur supaya bibit tanaman cabe yang akan tumbuhdapat mendapatkan sinar matahari secara langsung. Agar keadaan tanah pada polybag persemaian tetap lembab dan juga untuk mempercepat dalam perkecambah benih tanaman cabe sebaiknya sehari sebelum tanam tanah dalam polybag harus disiram terlebih dahulu

Untuk menjaga kelembaban dari media persemaian tanaman cabe sebaiknya benih yang sudah disemai dibumbun dengan jerami. Kita harus menjaga kelembaban tanah secara optimal dengan menyiram setiap hari pagi dan sore pada benih yang ditanam cara pengirimannya cukup mudah yaitu dengan menyirami di atas jerami yang menutupi  tempat persemaian benih agar airnya tidak jatuh secara langsung ke tanah persemaian bibit cabe

Biarkan benih tumbuh menjadi bibit minimal sampai 4 helai daun sebelum bibit dipindahkan ke lahan. Sebelum bibit dipindahkan sebelum bibit dipindahkan Bukalah atap naungan tempat pembibitan Bukalah atap naungan pempat pembibitan atau pindah kan bibit ke tempat terbuka supaya bibit cebe menjadi kuat dan tidak rapuh sebelum dipindahkan kelapangan atau lahan menanam cabe. apabila bibit telat dipindahkan atau sudah terlanjur tua maka pertumbuhannya akan kurang bagus

3. Persiapan Lahan Dan Pengolahan Tanah 

Dalam teknik budidaya menanam cabe, yang sangat penting adalah mempersiapkan lahan. Dalam hal ini Anda harus menyediakan sebidang tanah yang telah dibuat menjadi bedengan. bedengan adalah lahan yang sudah dibuat menjadi seperti gundukan untuk tempat menanam cabe. persiapan lahan bertujuan untuk meningkatkan drainase, areasi, penggemburan tanah dan menghilangkan gulma. Bedengan sebaiknya di buat  sebelum bibit cabe tumbuh dan siap untuk dipindahkan ke lahan yang sudah di persiapkan untuk budidaya cabe.

Beberapa kriteria yang tanah yang akan menjadi media tanam cabe yaitu tanah harus sangat gembur, dan tanah tidak mempunyai banyak batu. Dengan mudah meresap air ke dalam tanah serta pertukaran udara dalam tanah menjadi lebih baik karena apabila gas oksigen dan asam-asam masuk ketanah, maka kelak oksigen dan asam tanah dapat meracuni akar tanaman cabe. Ini berarti bahwa tanah mudah untuk menjadi padat kembali. 
 

Cara menggeburkan tanah dan membuat bedengan untuk tanaman cabe bisa dengan membajak ataupun mencangkul sehingga bisa mebentuk bedengan. Saat musim hujan pun tanah juga harus bisa menyerap air dan air yang berlebihan mampu dibuang ke drainase atau air penyiraman ke dalam tanah. Jika pada musim hujan air harus mudah meresap ke dalam tanah. Ini berarti bahwa drainase yang anda buat sudah cukup .

Akan lebih baik tanah dicampur dengan pupuk kompos dengan volume 6 sampai 12 ton per hektar lahan, pupuk SP 500 Kg, pupuk kapur Dolomide, 1-2 ton perhektar lahan, bentuk bedengan dengan jarak 1-2 meter dan tinggi 20-30 Cm disesuaikan dengan kondisi lahan, Aduk kompos, Dolomide, SP, Kapur dengan tanah hingga rata, sehingga tidak merusak akar tanaman, lalu diperam selama 1-2 minggu. Selain itu, dengan longgarnya tanah maka akar tanaman dapat bergerak dengan bebas meyerap zat-zat makanan di dalamnya.
 
Untuk Menanam Cabe secara intensif gunakan mulsa plastik perak untuk menutupi bedengan, ini berfungsi untuk menekan populasi gulma dan memperbaiki stabilitas tanah, serta mengurangi erosi pada bedengan. lapisi seluruh bedengan dengan mulsa plastik perak khusus yang kemudian dilubangi sebagai tempat menanam benih cabe. Jarak antara satu cabe dengan yang lain adalah sekitar 50-70 cm.

4. Pemindahan Dan Penanaman Bibit Cabe Merah

Setelah tanah lahan telah selesai di olah, seluruh bedengan diberikan mulsa plastik perak. maka bibit tanaman cabe merah berikutnya dengan mengeluarkan bibit dari media pembibitan. Jika sebelum benih ditanam di polybag plastik kecil, maka bagian berikutnya adalah merobek polybag plastik kemudian dipindahkan dan menanam bibit tumbuh cabai langsung ke lubang yang telah dibuat atas mulsa plastik. Kemudian benih cabai merah tersebut ditanam serta disiram benih dengan setiap hari.
Tancapkanlah Tiang ajir dari bambu di samping tempat tumbunya bibit tnaman cabe merah, tiang ajir ditancapkan yang dalam sehingga diharapakan mampu menopang batang tanaman cabe merah agar tidak mudah rusak dan roboh apabila terkena air hujan, amaupun hembusan angin.  apabila semua proses penanam telah siap maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah merawat tanaman cabe merah secara intensif.

5. Pemeliharaan Dan Perawatan


Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman juga merupakan hal yang tak kalah petingnya di hal diatas. kita tau bahwa cabe merah sangat rentan terhadap serangan hama dan penyakit. maka dalam hal ini kita harus benar benar merawat tanaman cabe merah secara keselurahan. dimulai dari penyiraman secara teratur, membersihkan lahan dari gulma yang dapat mebuat tanaman cabe merah berebut unsur hara dari dalam tanah, pemupukan, dan juga pengendalian hama dan penyakit. 

Penyiraman tanaman cabe merah dilakukan setiap hari untuk menjaga stabilitas tanah agar tidak cepat kering. sedang untuk pemupukan tanaman cabe sendiri dapat dilakukan seminggu sekali. penaggulangan hama dan penyakit anda bisa menggunakan obat atau pestisida yang dijual di toko-toko pertanian.

6. Pemanenan Cabe Merah

Apabila tanaman cabe sudah berbuah dan masak, petik dan panenlah buah cabe merah pada saat pagi hari. buah cabe merah yang bagus untuk dipanen adalah buah yang tidak terlali muda akan tetapi juga tidak terlalu matang.  pemetikan buah cabe harus dipetik sekaligus tangkainya agar buah tidak busuk. simpanlah hasil panen cabe merah di tempat kering dan sejuk sebeluam anda menjualnya.

Itulah beberapa cara menanam cabe merah . Cukup mudah dilakukan dan Anda bisa mendapat hasil produksi yang memuaskan

Setelah beberapa cara menanam cabe merah yang baik maupun ataupun secara intensif untuk pertanian atau perkebunan tanaman cabe  Semoga dengan cara menanam cabe merah di atas dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada anda semua dan semoga dengan cara menanam cabe yang baik maka kita berharap akan memperoleh hasil yang baik pula Apabila Anda ingin menanam cabe merah di dalam polybag atau dalam pot silahkan membaca artikel cara menanam cabe merah dalam pot atau polybag.

Popular Posts