Cara Menanam Cabe Merah di Polybag

Cabe merupakan sayuran yang memberikan rasa pedas setiap masakan, hampir setiap masakan di indonesia yang mempunya cita rasa yang pedas pastilah menggunakan cabe sebagai bumbunya. Sering kala di tanggal tua ekonomi rumah tangga semakin menipis, bahkan untuk memebeli sayuran di pasar aja susah apalagi memebeli cabe merah yang sewaktu-waktu harganya bisa melambung tinggi. nah taukah anda bahwa untuk mengatsi hal seperti itu  anda dapat menanam cabe di perkarangan rumah anda? Tentu saja bisa yaitu dengan Cara menanam cabe merah di polybag atau di dalam pot. 

Cabe merah tak hanya bisa ditanam pada areal yang luas tetapi pada perkarangan rumah pun kita bisa menanam cabe merah pada lahan yang sempit seperti perkarangan. Jangan takut dengan mitos bahwasanya menanam cabe pada perkarangan hasilnya akan sedikit. Dengan Cara menanam cabe merah dalam polybag atau dalam pot anda juga bisa mendapatkan buah cabe yang banyak. Dengan komposisi hara tanah yang memadai  serta tanah yang gembur bisa menghasilkan tanaman cabe lebat buahnya.

Cara Menanam Cabe Merah di Polybag

Selain cabe merah dapat ditanam dalam polybag, cabe rawit juga bisa kita budidayakan dalam polybag. untuk selengkapnya baca cara menanam cabe rawit di polybag.

Cara Menanam Cabe Merah di Polybag  dan Pot

Beberapa hal yang yang harus anda persiapkan untuk menanam cabe merah di polybag yaitu menyiapkan tempat atau kebun di sekitar perkarangan rumah, menyiapakan benih cabe merah yang berkualitas,  menyiapkan polybag untuk tempat persemain benih, dan menyiapkan polybag atau pot untuk tempat penanaman cabe merah.

Persiapan Cara Menanam Cabe Merah di Polybag 

Sebaiknya biji atau benih cabe jangan langsung ditanam secara langsung pada polybag yang besar. sebaiknya siapkan dulu polybag yang berukuran 4 inci untuk pembibitan dan persemain benih cabe merah. Bila tidak mempunyai polybag dapat menggunakan baki, atau membuat bedengan sebagai tempat persemaian. akan lebih ekonomis jika membuat petakan tempat persemaian, akan tetapi kami menyarankan agar di semai pada polybag berukuran 4 inci atau polybag kecil. utuklebih jelasnya baca Untuk persemaian benih dan pembibitan silhkan baca Cara Semai Dan Pembibitan Cabe Yang Baik dan Benar

Penyiapan Polybag Sebagai Tempat Menanam Cabe Merah

Terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan polybag dan menentukan jumlah polybag berdasarkan kebutuhan kita nantinya untuk menanam cabe merah dalam polybag hanya sebagai konsumsi pribadi saja kita dapat menyebabkan hanya beberapa politik saja akan tetapi jika tujuannya untuk budidaya Minimal kita harus mempersiapkan 50 polybag untuk tanaman cabe merah

persiapkan beberapa campuran seperti tanah pupuk kandang, kompos arang sekam, sekam padi serta berbagai media lainnya beberapa komposisi diantaranya yaitu berupa campuran antara pupuk kompos dengan tanah dengan perbandingan 1 : 2

Atau bisa juga dengan campuran pupuk kandang dengan tanah dengan kompos 1 : 2. Campuran tanah harus dibuat dengan sehalus mungkin dengan mengolahnya terlebih dahulu gunakan sekitar 3 sendok pupuk NPK untuk setiap polybag nya. 

Aduklah campuran tanah dengan pupuk NPK dan komposisi antara pupuk kompos atau pupuk kandang dengan tanah secara merata. Lapisilah bagian dalam polybag dengan sabut kelapa. Hal ini bertujuan agar polybeg tidak tergenang air pada akar tanaman cabe merah.

Pemindahan Cabe Merah Ke Polybag.

Untuk meletakkan polybag hindari polibeg dari sinar matahari langsung. Hal ini bertujuan agar media tanam yang kita gunakan dapat selalu dalam kondisi lembab. Untuk mengetahui tingkat kelembaban tanah dalam polybag, bisa kita menancapkan jari kita ke dalam tanah. Bila terasa kering, lekas sirami media tanam tersebut secara berhati-hati. 

Media tanam cabe merah sebaiknya polybag yang digunakan berukuran di atas 30 cm atau juga polybag yang besar, supaya nanti tanaman cabe merah yang kita tanam dapat tumbuh dengan kuat karena ditopang oleh polybag yang besar butik.

Dalam media tanam menggunakan polybag sudah siap sekarang. Tiba waktunya kita memindahkan bibit cabe merah dari tempat persemaiannya kedalam polybag sebagai media tanam. Lubagilah tanah di dalam polybag dengan kedalaman 7 sampai 3 cm lalu masukkan bibit tanaman cabe yang sudah siap untuk dipindahkan ke dalam lubang yang kita bikin dalam polybag.

Perawatan Tanaman Cabe Merah di Dalam Polybag

perawatan cabe merah dalam polybag juga membutuhkan perlakuan yang optimal di mulai dari pemangkasan pemupukan penyiraman ataupun pengendalian hama dan penyakit. 

# Pemangkasan atau Perombesan

Sebaiknya anda harus memangkas atau membersihkan cabang disekitar ktiak daun daun-daunan tumbuh secara teratur hal ini berguna untuk meningkatkan tanaman tersebut agar tumbuh lebih kuat dan cepat. Biasanya dilakukan pada saat tanaman berumur 20 hari dan dilakukan sampai tiga kali cabe merah tumbuh cabang. Bila tanaman cabe sudah besar maka pasanglah ajir supaya tanaman tidak roboh.

# Pemupukan

Dengan pemupukan yang berimbang tentu kita dapat memperoleh hasil yang sempurna bahkan kita mampu menghasilkan buah lebat dan banyak untuk lebih lengkapnya Silahkan baca cara pemupukan cabe.

Untuk pemupukan Anda bisa menggunakan pupuk NPK dengan dosis 3 sendok setiap tanamannya pembukaan dengan pupuk NPK ini dilakukan setiap bulannya. bisa juga menambahkan pupuk organik. 

# Pengendalian Hama dan Penyakit

Ham penyakit tanaman cabe merah harus kita perhatikan dengan seksama hari untuk mengurangi dampak ancaman dari serangan hama maupun penyakit. Beberapa jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman cabe merah anda bisa melihat pada halaman hama dan penyakit cabe.

Cara Panen Cabe Merah Dalam Polybag

Pada dasarnya cara panen cabe merah itu sama yaitu cara memetik cabe sekaligus tangkainya. Jangan sampai salah memetik cabe karena jika cabe dipetik tidak sekaligus tampaknya kemungkinan besar buah cabe yang akan cepat busuk.

Kriteria pemanenan cabe merah yang baik yaitu buahnya sudah mengalami proses pemenang kematangan yang sempurna ditandai dengan warnanya yang sudah merah mengkilap. Perlu diketahui bahwa cabe merah yang sudah matang pastilah akan membusuk. agar panen cabe panen cabe merah tidak cepat membusuk maka simpanlah hasil panen di dalam kulkas supaya lebih awet dan tahan lama.

Popular Posts