Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag

Cabe rawit adalah salah satu tumbuhan yang tumbuh di dataran tinggi dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, karena hampir semua kebutuhan dapur menggunakan cabe jenis ini, tak jarang kita temukan cabe rawit yang di tanam di dekat rumah sebagai kebutuhan setiap hari daripada mengeluarkan biaya, lebih baik kita tanam sendiri karena cabe jenis ini tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan.

Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag

Bagi anda yang mempunyai lahan lebih bisa memanfaatkan untuk menanam cabe rawit sebagai alternatif dari cabe merah yang bisa saja membutuhkan lahan yang besar dan dana yang banyak untuk pemupukan, tetapi untuk jenis cabe rawit kita hanya merawat sebelum diturunkan ke tanah, supaya benih yang kita tanam bisa tumbuh dengan sempurna.

Benih cabe rawit juga mudah ditemukan dipasaran, sepreti jenis hibrida dan benih lokal, namun dalam proses pembibitan kedua jenis benih ini mempunyai perbedaan, misalnya jenis hibrida yang membutuhkan beberapa obat-obatan dalam pembibitannya, lain halnya dengan benih lokal tadi, tetapi bukan berarti tidak membutuhkan teknik khusus dalam menanam tumbuhan cabe jenis lokal ini.

Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag 


Disini kita akan mempelajari bagaimana menanam cabe rawit jenis lokal pada Polybag atau Pot, kedua media tanam ini mempunyai kemudahan karena bisa diletakan di dekat rumah atau di belakang rumah yang tidak membutuhkan banyak lokasi lahan yang besar. kita perlu melakukan perawatan yang cukup karena penanaman di Polybag atau Pot jauh berbeda dengan yang di tanah, misalnya anda harus rutin dalam melakukan penyiraman 2 hari sekali, supaya tumbuhan cabe anda tidak kekurangan air.

Memilih Benih yang Bagus

dalam pemilihan benih anda bisa membelinya langsung di pasaran, karena seperti yang kita bicarakan tadi pilihlah jenis bibit yang mudah dalam perawatan dan cocok dengan budget anda nantinya, jika anda ingin menggunakan bibit dari induknya, anda juga bisa memilih buah yang besar dan bagus sebagai bibit unggulan nantinya. 


Penyamaian Benih Cabe rawit

Proses penyamain cabe rawit sebaiknya jangan ditabur langsung dalam polybag, lebih baik anda tabur benih tadi di lahan yang subur dan sudah anda lengkapi dengan pupuk kompos supaya benih yang akan anda tanam nanti bisa tumbuh dengan sehat da sempurna.


Proses Penanaman Cabe Rawit

Jika bibit yang sudah anda tabur tadi mulai tumbuh kira-kira 4 cm, barulah anda ambil dan pindahkan benih tersebut ke polybag atau pot, pastikan sebelum anda memindahkan tanaman cabe polybag atau pot sudah diisi dengan tanah dan pupuk kompos dan di biarkan dulu hingga 2 minggu supaya proses penyuburan tanah bisa semperna, karena benih yang baru dipindahkan membutuhkan pupuk yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik dan tidak membuat tanaman lau dengan sendirinya, proses penyiraman pada hari pemindahan juga harus diperhatikan, usahakan tanah selalu sebur dan basah, jangan sampai kering karena bisa membuat tanaman anda kurang sehat nantinya. 

Proses Perawatan

Jika tanaman cabe rawit anda sudah berumur sekitar 2 minggu masih sehat-sehat saja dan belum ada tanda-tanda diserang penyakit atau hama, jngan lakukan penyomprotan jika belum ada penyakit yang datang, usahakan proses penyiraman dengan baik dan rutin jangan pernah menyiram tanaman pada siang hari ketika panas, karena bisa menyebabkan tumbuhan cabe rawit anda layu seketika.


Proses Panen

Masa panen yang normal untuk jenis cabe rawit biasanya sekita dua bulan setelah penanaman, kecuali anda jarang melakukan perawatan atau pupuk yang anda gunakan kurang, ini bisa menghambas proses panen, petilah cabe yang belum berwarna merah tetapi sudah keras atau yang sudah ada garis hijau pada buahnya.

Itulah informasi singkat mengenai bagaimana cara menanam cabe rawit di Polybag atau Pot yang bisa anda coba langsung dan masih kekurangan lahan dalam memilih media tanam yang baik untuk cabe rawit, manfaatkan lahan yang kosong di samping rumah anda untuk menaman tanaman yang bermanfaat dan mempunyai nilai jual yang tinggi.

Popular Posts