Cara Semai Dan Pembibitan Cabe Yang Baik dan Benar

Dalam melakukan teknik semai dan pembibitan cabe baik itu dalam polybag ataupun dalam pot membutuhkan beberapa teknik dan cara supaya bibit yang kita semai nantinya mempunyai kualitas yang bagus dan siap untuk di turunkan ke tanah untuk dijadikan cabe yang bermutu.

Cara Semai Dan Pembibitan Cabe Yang Baik dan Benar


Cara Semai Dan Pembibitan Cabe Merah dan Cabe Rawit

Banyak orang mengira dalam pembibitan cabe merupakan hal yang mudah, tetapi nyatanya tidak karena dalam proses Cara Menaman cabe yang baik perlu menerapkan teknik seperti pemupukan, penyiraman dan perawatan yang cukup, lain hal nya dengan Cara Menanam cabe rawit, cabe jenis ini tidak terlalu mengutamakan peratawan setiap hari apalagi umurnya sudah beberapa kali panen.

Baca Juga Cara Menanam cabe yang baik

Dalam melakukan teknik semai cabe yang baik dan benar kita perlu mengumpulkan beberapa cara supaya hasil tidak mengecewakan, karena jika kita salah dalam melakukan pembibitan cabe merah pertumbuhannya akan terganggu bahkan ada yang tumbuh hanya 10% saja, bayangkan berapa banyak dana yang kita keluarkan dalam memulai pembibitan cabe.

Untuk lebih lengkapnya tentang Cara Semai Dan Pembibitan Cabe yang baik dan benar anda bisa mencoba mengikuti teknik dibawah ini yang bersumber dari berbagai buku pertanian, 

Memilih Benih cabe yang Baik

Dalam memilih benih cabe yang baik dan berkualitas terlebih baik kita membelinya langsung di toko pertanian, pilihlah cabe yang mudah dalam perawatannya, jika anda ingin mencoba memilih cabe hasil dari induknya pilihlah dengan jenis buah yang bagus dan cantik, karena buah cabe yang sehat akan menghasilkan biji yang bagus juga.

Bagi yang memilih biji cabe dari induknya langsung usahakan memilih cabe yang bener-benar matang dan siap untuk dijadikan bibit cabe yang berkualitas, bijinya juga harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum disemai dalam media tanam Polybag.

Memilih Media tanam Polybag

Dalam memilih media tanam yang baik dan benar di sarankan menggunakana Polybag supaya pada saat menabur benih cabe tidak tumpang tindih, karena banyak benih yang terhimpit seingga menggangu pertumbuhan dan akan mengakibatkan bibit cabe cacat, apalagi anda menggunakan bibit cabe jenis Hibrida yang banyak mengeluarkan biaya,  

Pada setiap Polybag pastikan sudah terisi pupuk yang cukup dan sudah diterapkan berdasarkan cara pemupukan yang benar dalam pertanian.


Dengan menggunakan Polybag memudahkan kita dalam menyemai benih cabe, dalam setiap Polybag usahakan 1 biji bibit cabe saja supaya bisa tumbuh dengan maksimal, jika sudah berumur 3-4 minggu baru anda pindahkan ke Polybag besar atau bisa and turunkan langsung ke tanah.

Nah, itulah teknik Cara Semai Dan Pembibitan Cabe yang baik dan benar bagi anda yang ingin belajer cara pembibitan dalam polybag silahkan ikuti tekniknya yang sudah kami rangkum dan ikuti berbagai artikel yang membahas tentang informasi Cara Menanam cabe, seperti pemupukan penyiraman dan perawatan.

Popular Posts